Senin, 17 Oktober 2016

Wasilah Pernikahan

Apa itu wasilah pernikahan bahasa ngetrendnya sih makcomblang.... Siapa hayo yang pernah menjadi makcomblang buat temannya? Pasti rata - rata pernah ya?. Menjadi wasilah pernikahan itu bukan suatu profesi ya ingat menjadi wasilah pernikahan itu adalah panggilan hati membantu teman - teman yang belum menikah untuk dapat menyempurnakan separoh agama, dan menyatukan separo jiwanya. Tetapi ternyata tidak mudah ya menjadi wasilah nikah. Ada hal - hal yang harus kita pahami sebelum kita menjadi wasilah nikah terutama hal dibagian niat. ya niat segala sesuatu harus di dasari dengan niat. Sesungguhnya amal itu sesuatu dengan niatnya. 

Niatkan menjadi wasilah nikah untuk ibadah, beribadah membantu suatu kebaikan yang besar. Pernikahan itu mulia sedangkan perceraian sesuatu perbuatan tercela yang di sukai syaiton, Kenapa kita harus berniat ibadah? karena ibadah itu untuk alloh. 

Selanjutnya adalah iklash, iklash untuk beribadah kepada alloh karena pada prakteknya menjadi seorang wasilah itu seakan menjadi pembuka pintu ajaib doraemon dalam rumah tangga seseorang. Jika rumah tangga mereka baik bahagia belum tentu seorang wasilah nikah akan mendapatkan reward hadiah tetapi kalau rumah tangga mereka ternyata harus banyak yang di sesuaikan harus banyak yang dibangun maka wasilah nikah ini akan selalu di diingat dicela mungkin. Namanya tidaklah lagi harum seharum bunga mawar hehehe. Kenapa rumah tangga yang baru dibangun itu butuh penyesuaian karena sudah sama - sama besar dengan latar belakang sosial, masalah, dan pola didik pengalaman hidup yang berbeda disatukan dalam pernikahan pasti sangatlah susah pasti sangatlah tidak mudah. Kadang disinilah keiklshan wasilah diuji. Tahan tidak menahan kata - kata ghibahan yang terlontar dari pasangan yang diwasilahi, tahan tidak menahan sedihnya saat disalahkan? padahal sebuah pernikahan tak melulu hanya soal kesedihan dan kekurangan, padahal dalam pernikahan tak hanya melulu soalnya kemiskinan dan kekayaan, padahal pernikahan tak hanya melulu soal rumah yang lapang atau sempit tapi dalam pernikahan itu ada separoh agama yang sempurna, ada ibadah kemuliaan yang luar biasa. Bahkan seorang istri seorang perempuan yang dia melaksanakan sholat lima waktu, menjaga kehormatannya, melaksanakan puasanya ramadhan dan mentaati suaminya maka insya alloh dia bisa masuk ke dalam surga lewat pintu dimana saja yang dikehendaki.

Tapi mentaati suami tidaklah semudah membalikkan tangan ya guys.... namanya aja balasan surga taukan ciri keadaan surga? Kenikmatan yang tidak dapat dibayangkan oleh makluk didunia. Wajar kalau saat memperjuangkannya penuh uraian air mata. Harus bersusah payah melayani suami, harus bersusah payah melakukan kewajiban tetapi haknya belum tentu dapat, pokoknya masih banyak lagi problematika dalam sebuah pernikahan.  Tetapi juga tidak boleh dikesampingkan bahwa dengan menikah kita bisa memiliki teman hidup, teman hidup teman sesurga. teman bercerita, teman mengeluh bahkan pasangan hidup itu berusaha membahagiakan kita dengan cinta, berusaha membuat senyum dibibir kita membuat walau kadang membuat tangis juga, tapi semuanya itu lika liku dalam hidup.... Tetapi yang harus dipahami adalah jodoh itu dari alloh bukan dari wasilah nikah, wasilah nikah hanya orang yang kebetulan menjadi wasilah bertemunya kamu dengan pasangan hidup, selebihnya mau bagaimana caramu menjalani hidup itu terserah padamu.... bagaimana mau memanage kehidupan rumah tangga itu terserah pada masing - masing orang tapi yakinlah bahwa setiap rumah tangga itu diawal - awal itu pasti ada penyesuaian yang tidak mudah jika ada pasangan yang saat ini terlihat harmonis, kaya raya jadi jutawaan dermawan dan rumah megah, atau masih kontrak dan kompak dan terlihat tertawa bahagia dll itu mereka pun juga pernah mengalami yang namanya penyesuaian yang tidak mudah, yang harus berlapang hati menerima keadaan dan kekurangan pasangannya, yang dengan berat hati aku mengalahkan egonya demi sebuah ibadah rumah tangga, yang mengalah tersenyum saat pasangannya tidak bisa segera memberikan senyum padanya..... 

Ya secuil pesan untukmu para wasilah nikah... Janganlah surut semagatnya untuk berbuat kebaikan janganlah surut untuk menjadi wasilah nikah... Teman - teman kalian, saudara - saudara kalian yang masih sendiri ayo diwasilahi untuk menikah. 
Ditulis oleh fatimah handayani,
Yogyakarta, 18/10/2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar