Jumat, 28 Oktober 2016

Memilih Jenis Usaha

Hai ketemu lagi dengan tulisan saya yang masih amburadul tapi ga masalah tetap di kangeni kan?. Beberapa waktu ini ada teman yang tanya " enaknya aku usaha apa ya?" atau barangkali anda yang pernah ditanya oleh teman atau saudara anda, dan bingung bagaimana menjawabnya.... Oke baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas berikut ada beberapa tips yang barangkali bisa dijadikan acuan dalam memilih jenis usaha.

Pada prinsipnya menjalani usaha itu harus memenuhi 3 kriteria ya itu tekun, sabar , dan doa
kemudian buat list hobi kamu, ya hobinya bisa apa aja. Walau "makan" bukan masuk dalam kategori hobi tapi bolehlah kalau mau dijadikan sebagai list hobi kamu. Sudah ya... sudah bikin listnya?. Langkah selanjutnya memperhitungkan biaya hobi kamu, misalnya kalau kita punya hobi membaca, membeli sebuah buku harganya Rp. 50.000 tulis aja dulu ya... Sudah ditulis? jika sudah bayangkan jika kamu tak hanya sekedar hobi membaca tapi bagaimana dengan menulis? abaikan dulu kata " gak bisa ". Membaca memiliki biaya hobi yang relatif dinamis naik turun sesuai harga bukunya, tetapi menjadi penulis akan membuat hobi anda memilik biaya yang murah karena anda akan membaca tulisan anda sendiri. Dengan membaca kamu akan tahu mana tulisan yang baik mana yang tidak, karena untuk menjadi penulis yang baik kamu harus bisa menjadi pembaca yang baik.

Sekarang lagi marak orang jualan online mulai dari baju dan semuanya. Apa sih yang tidak bisa dijual online? Bidang yang saya geluti saat ini ada busana. Awalnya saya memang sudah hobi dalam menjahit, tapi katanya saya tidak berbakat dalam bidang ini. Tapi saya suka bidang ini. Sempat dulu mau ke lain hati tidak bidang menjahit tetapi ya balik lagi ke bidang ini karena saya suka. Bakat itu bukan satu - satunya alasan usaha itu berkembang. Tetapi bakat itu akan kalah dengan ketekunan, ketelatenan, kesabaran dan rejeki dari alloh. Jadi abaikan dulu kata " bakat" semua bisa dipelajari tergantung kemauan. 

Dalam memilih usaha hendaknya juga dipikirkan modal dan biayanya, yang pasti sebuah usaha itu pasti butuh modal. Pikirkan modal yang paling praktis dan paling murah. Dengan menggunakan memanfaatkan apa yang ada disekitar kita. Jangan membayangkan dulu biaya diluar jangkauan misalnya mau buka toko baju harus sewa toko yang pinggir jalan dengan harga kontrak yang mahal pertahunnya. Pikirkan dulu bagaimana jika rumah yang ditinggali bisa menjadi tempat usaha, dengan di kondisikan sedemikian rupa yang penting fokus pada dagangannya. Ingat ya... Usahakan jika dagangan didapatkan dari tanpa modal alias kita ambik ke orang lain uang omzet bukan uang kita... Karena banyak sekali usaha yang akhirnya gulung tikar karena kerjasama yang "macet" entah dari seller atau dari konsumennya. Sama berkembanglah harusnya, sisihkan omzet bayarkan hutang dan pakai keuntungannya dengan tenang. 

Intinya kalau kita mau memilih usaha pikirkan hal yang paling simple yang bisa kita lakukan dengan modal yang tidak memberatkan. Dengan prinsip jawa Tekun Tekan Teken insya alloh itu akan membawa kita pada perubahan yang lebih baik. 

Salam fatimah handayani informasi pemesanan busana wa 085729158084. Kami tidak membuka cabang dikota mana aja, hanya di yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar